Sabtu, 22 September 2012

Training Maintenance Toyota Avanza (Bekerjasama dengan Auto 2000 Daan Mogot)

Hi Readers...

Apa kabar di hari Sabtu ceria ini?

Biasanya kalau Sabtu gini pada ngapain ya?

Biasanya kalau Sabtu kita suka menghabiskan waktu bersama keluarga melakukan aktivitas refreshing atau mungkin sekedar berkunjung ke rumah saudara lainnya atau mungkin memenuhi undangan dari para saudara/ teman- teman kita ya......
Nah, biasanya untuk melakukan aktivitas tersebut  kita pasti menggunakan mobil yang kita miliki-kan ya? Kebayang gak sih, lagi di perjalanan tiba-tiba mobil mogok atau rusak? aduh...gak seru kali ya...ditambah kita gak tau harus berbuat apa kalau terjadi sesuatu dengan mobil kita.

Nah..oleh karena itu, PT. Inter Aneka Lestari Kimia merasa sangat perlu untuk membekali karyawannya agar ngerti mengenai mobil yang mereka kendarain.



Sabtu tanggal 22 September 2012, pukul 09.00, Training & Development mengundang Auto 2000 Daan Mogot untuk menjadi narasumber pada pelatihan Maintenance Toyota Avanza.  Tujuannya adalah agar semua user / karyawan PT. Inter Aneka Lestari Kimia memahami dasar-dasar pemeliharaan kendaraan dan mampu untuk mengenali komponen mobil dalam rangka menjaga dan memelihara kendaraan yang dipakainya.

Total peserta yang hadi hari ini ada 25 orang, yaitu dari departemen umum, driver dan para kepala departemen yang mendapatkan fasilitas mobil toyota. Ini nih fotonya
Peserta Pelatihan Pemeliharaan kendaraan Bersama Auto 2000 Daan Mogot
Tutor plus peserta sedang asik sharing dalam pelatihan Pemeliharaan Kendaraan


Pada pelatihan ini ada beberapa hal yang kita pelajari. Berikut beberapa yang kita bahas pada saat pelatihan ini.

A. Type Maintenance

*) External Maintenace
- dealer authorized: Auto 2000; Asindo, Tunas, Plaza Toyota, dll
- schedule periodic maintenance: maksimal dilakukan setiap 6 bulan = 10.000 km

yang dilakukan oleh external maintenance:
1. penggantian cairan/ oli = penggantian oli sesuai spesifikasi kendaraan max 10.000 km/6 bulan
    - LLC -- max 80.000 km / 48 bulan
    - SLCC -- long life 100.000 km / 60 bulan
2. komponen Mesin
Mesin mobil adalah suatu komponen mobil yang terdiri dari bagian-bagian logam yang bergerak dan fungsinya saling berhubungan satu sama lain. Gerakan bagian-bagian logam tersebut yang lama-kelamaan akan aus sehingga mesin mobil memerlukan suatu sistem pelumasan yang berfungsi untuk mendistribusikan cairan pelumas atau oli ke bagian-bagian yang bergesekan tersebut.
Komponen Mesin (sumber: hargatoyotasurabaya.blogspot.com)
Sistem pelumasan pada mesin mobil mempunyai fungsi sebagai :
  1. Cairan pelumas yang membentuk minyak film  untuk melapisi komponen-komponen logam  yang bergerak dan bergesekan sehingga dapat mencegah keausan.
  2. Pendingin pada komponen-komponen yang bergerak dan menghasilkan panas dari gesekan dua benda tersebut.
  3. Pembersih Kotoran yang dihasilkan dari  gesekan komponen-komponen logam.
  4. Perapat yaitu dengan menghasilkan sebuah seal (penyekat) sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran gas (blow by gas) antara piston dan dinding silinder.
  5. Pencegah karat pada komponen-komponen logam
Komponen-komponen Sistem Pelumasan :
Oil Pressure Switch

Suatu komponen yang berfungsi sebagai switch yang mengaktifkan lampu peringatan bila tekanan oli tidak tercukupi pada saat mesin mobil dinyalakan.
Oil Pump
Suatu komponen yang berfungsi untuk menarik oli yang berada di Oil Pump dan memompa oli tersebut ke seluruh bagian mesin mobil.
Relief Valve
Komponen ini bekerja untuk membebaskan tekanan pada saat Oil Pump mempunyai tekanan yang berlebihan.
Oil Strainer
Komponen yang berupa saringan oli dan terpasang di saluran masuk oli untuk memisahkan partikel yang besar dari oli.
Oil Filter
Komponen ini berfungsi sebagai penyaring kotoran yang tidak diinginkan dari oli mesin yang secara bertahap akan terkontaminasi dengan kotoran besi dan lainnya.

komponen mesin penting lainnya:
Aki
pastikan airnya bagus dan tutupnya tidak mampet karena kalau tutupnya mampet maka akan bahaya karena bisa mengakibatkan "bomb" / pecah. Lobang pada aki itu fungsinya seperti pernapasan.

Busi

3. Komponen CASIS & Penggerak
Kita harus periksa juga soal rem.
Coba check kabel canvasnya, coakannya kalau sudah tidak ada / sudah rata maka harus diganti. Jadi kalau ukurannya sudah 1 mili sudah harus ganti.

kaki-kaki juga harus diperiksa, kestabilan setir (liat sporingnya), ban juga diperiksa...
di ban terdapat jembatan ban, itu fungsinya untuk mengontrol ketebalan ban. Jadi kalau sudah rata maka harus diganti (diambil rata-rata biasanya 1 mili maka sebaiknya diganti).

Untuk tekanan ban (penambahan nitrogen pada ban)--> disesuaikan dengan standarnya aja, di pintu depan di mobil avanza terdapat keterangannya berapa tekanan bannya.  Rata-rata tekanan untuk avanza sekitar 30-34 psi.  Sedang untuk beban yang lebih, ditambah maksimal 10% untuk tekanannya.

4. Lampu-lampu
Kita juga perlu check lampu-lampu di dashboard. Fungsinya adalah untuk menjadi sinyal agar ktia segera mengambil tindakan.
Mis: Engine lamp kalau nyala maka mesin mungkin mengalami masalah.
Odomator; trip motor A, trip motor B --> untuk mengukur umur kendaraan
lampu belakang --> lampu rem, ini sangat penting diperiksa, jgn sampai mati dua-duanya, bisa berbahaya.

5. Penyejuk Ruangan (AC)
Ketentuan service tidak ada, namun kita perlu melakukan maintenance agar kondisi AC tetap dalam keadaan baik dan dingin.
Coba kita bayangkan kondisi AC di rumah, saat kita bersihkan pasti akan terlihat sangat kotor sekali, bagaimana dengan mobil kita yang berada di jalan  penuh debu & polusi dan kemudian memfilter debu di jalanan? tentu tidak terbayangkan betapa kotornya, oleh karena itu maka adalah sangat perlu untuk selalu me-maintain AC mobil kita.

*) Internal Maintenance
kegiatan pemeliharaan yang bisa dilakukan di rumah sendiri.
mis :
- Soft Action --> lakukan pengecekan pada tekanan ban,  lalu check juga kerja rem kaki/tangan apakah ok.  Soft action dilakukan sebelum mobil kita pakai. Untuk memastikan safety sebelum berkendaraan.
- Road Action --> ditest kestabilan kendaraan, kemampuan sistem dan konfirmasi problem. Konfirmasi problem perlu dilakukan agar saat dibawa ke eksternal maintenance (bengkel) kita sudah tahu diagnosa permasalahan di mobil.

KONDISI EMERGENCY
Saat terjadi kondisi emergency, perhatikan beberapa hal berikut ini:
1. Pastikan posisi kendaraan aman
      - area rumah, kantor, swalayan, dll
      - lingkungan tidak gelap
      - bebas derek dadakan
Noted: kalau di toll, maka harus dipinggirkan dulu sesuai posisi kendaraan aman.
2. Gejala Problem
     - historis perbaikan kendaraan
     - awal gejala timbulnya problem, contoh: overheat, nyendat2, tiba-tiba
3. Soft Action --> Visual
     - Periksa indikator pada dsashboard ; temperatur
     - buka kap mesin, ada yang lain/aneh?
     - WARNING! jangan buka tutup radiator saat mesin over heat
4. Call ERA --> 021-500898 / 89898
     - saat kondisi TIDAK dapat ditangani segera hubungan ERA (Emergency Roadside Assistant)
       ERA ini khusus untuk Toyota; kalau mobilnya beli di Toyota (AUTO 2000) maka gratis derek
       untuk wilayah Jabodetabek.



sumber :
Ceramah by Wagiman Prayogo - Instruktur AUTO 2000 Daan Mogot
Notulen by Tina Melinda 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your comment is here...